Mengenal Penyakit Hernia Dan Penyebabnya

Mengenal Penyakit Hernia Dan Penyebabnya

Hernia atau istilah lainnya sering disebut turun berok adalah suatu pembukaan atau kelemahan dalam struktur otot dinding perut yang menimbulkan adanya tonjolan atau benjolan di dinding perut atau daerah sekitarnya. Dalam bahasa latin herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Gejala umum penyakit hernia adalah rasa nyeri atau tidak nyaman, serta pembengkakan lokal di bawah perut atau di daerah selangkangan. Pada lokasi terjadinya penyakit ini akan terasa nyeri, sedikit benjolan dan keras. Bila berbaring otot yang keras akan mengendor, dan benjolan perlahan menghilang.

Berikut ini gejala hernia yang mungkin bisa dipakai sebagai acuan antara lain : pertama, rasa nyeri di sekitar perut bagian bawah; kedua, adanya benjolan usus di perut bagian bawah; dan ketiga rasa nyeri akan bertambah jika bekerja berat, mengangkat beban, ataupun batuk terus-menerus.

Penyakit hernia ini tidak hanya di derita oleh orang dewasa saja, melainkan juga sering di derita oleh anak anak atau bayi, baik itu laki laki atau wanita, baik itu faktor bawaan ataupun faktor baru di dapatnya, karena pola hidup.

berdasarkan letaknya, hernia dibagi menjadi
  • hernia diafragma yaitu menonjolnya organ perut kedalam rongga dada melalui lubang pada diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
  • inguinal
  • umbilical yaitu benjolan yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar)
  • femoral yaitu benjolan di lipat paha melalui anulus femoralis.
Sedangkan menurut sifatnya, ada hernia
  • reponibel : bila isi hernia dapat keluar masuk dalam waktu yang singkat.
  • hernia irreponibel : bila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga
  • strangulata : bila terdapat keluhan nyeri, biasanya karena terjepitnya pembuluh darah
  • incarserata : terdapat tanda obstruktif, sperti tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang angin dan terdapat nyeri
  • hernia akreta : jika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut.
Penyebab Penyakit Hernia Pada Bayi dan Dewasa

Mengenal Penyakit Hernia Dan Penyebabnya - Penyebab penyakit hernia adalah tidak sempurnanya penutupan kanal saluran perpindahan organ saat bayi masih dalam kandungan. Sehingga saluran yang mestinya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah, misalnya pada dinding perut. Pada bayi laki-laki, testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindah ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir. Nah, perpindahan tersebut melalui sebuah saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita penyakit hernia.

Penyebab hernia yang lainnya adalah adanya tekanan dalam rongga tubuh yang besar. Misalnya, karena seseorang mengedan secara terus-menerus akibat konstipasi menahun, wanita hamil dan mau melahirkan, adanya penumpukan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites), batuk terus-menerus, penyakit paru, obesitas, dan lain-lain.

Pencegahan Hernia

Berukut beberapa hal yang mungkin bisa mencegah tersejadinya hernia yaitu menjaga kesehatan dan stamina tubuh, memperbanyak makan serat dari buah dan sayur, menghindari konstipasi dan mengedan terus menerus, jangan mengangkat barang atau beban terlalu berat, serta menghindari makanan dan hal lain yang menyebabkan batuk.

0 komentar on Mengenal Penyakit Hernia Dan Penyebabnya :

Posting Komentar


close


close

Apotik AgaricPro



Obat AgaricPro Madu Fementasi


Pengobatan Kronis Terampuh